Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Gelar Seminar Nasional “Interpersonal & Life Skill 2016”

Sabtu, 16 Januari 2016, bertempat di Aula Nusantara Gedung Agrokomplek Universitas Udayana, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana, menggelar seminar seminar nasional “Interpersonal & Life Skill 2016” (ILS 2016). Kegiatan yang mengusung tema “Improve Your Communication Skill for A Better Life” ini diadakan sehubungan dengan mata kuliah Interpersonal & Life Skill yang ditempuh oleh mahasiswa semester III di Jurusan Teknologi Informasi FT UNUD. Selain sebagai tugas akhir di mata kuliah yang bersangkutan, seminar nasional ini juga ada dalam rangkaian HUT Jurusan Teknologi Informasi FT UNUD yang ke-8.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WITA. Diawali dengan tari penyambutan dan laporan kegiatan dari Kadek Darmaastawan selaku ketua panitia penyelenggara. Selanjutanya, Prof.Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Rektor Universitas Udayana, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi dengan pemukulan gong. Selain rektor, acara ini juga dihadiri oleh PD III Fakultas Teknik UNUD yang mewakili dekan, ketua Jurusan Teknologi Informasi, sekretaris Jurusan Teknologi Informasi, ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, serta jajaran dosen di Jurusan Teknologi Informasi.

Prof. Dr.(H.C.) Dahlan Iskan bertindak selaku pembicara pertama. Ditemani oleh moderator Prof. Dr. I Ketut Gede Darma Putra, S.Kom.,M.T., pembicara yang merupakan Mentri BUMN di era kepemimpinan Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono ini membawakan materi-materinya dengan sangat menarik dan terkesan santai. Mantan Direktur Utama PLN ini juga lebih banyak memberikan materi yang berasal dari pengalaman pribadinya, mulai dari menjadi orang nomor 1 di Jawa Pos hingga bagaimana dirinya sempat terjun ke dunia politik. Beliau menekankan, saat ini orang pintar sudah sangat banyak jumlahnya, apalagi yang berasal dari fakultas teknik, namun apa yang menjadi pembeda seseorang sehingga bisa membuat kemajuan adalah dua hal; integritas dan antusias.

Setelah sesi makan siang serta hiburan dari Stand Up Comedian serta band mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi, giliran Putu Suprapti Santy Sastra, SH. selaku pembicara kedua memberikan materi. Public speaker serta trainer profesional ini memberikan materi yang tidak kalah penting seputar komunikasi ditemani oleh moderator I Nyoman Piarsa, ST.,MT. Acara ditutup pada pukul 15.00 WITA dengan pembagian door prize serta penyerahan hadiah bagi pemenang photo contest ILS 2016 yang digelar melalui media sosial Instagram.

Ditemui di akhir kegiatan, Kadek Darmaastawan selaku ketua panitia penyelenggara menyatakan tujuan acara ini adalah selain memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Interpersonal & Life Skill, juga sebagai sarana untuk melatih jiwa kepemimpinan serta kemampuan komunikasi bagi para panitia maupun peserta. Kadek juga berharap agar kedepannya ILS dapat lebih ditingkatkan lagi di segala bidang, dimana ia juga mengakui bahwa ILS tahun ini sempat terkendala dalam hal lokasi karena pada tahun-tahun sebelumnya ILS diadakan di Auditorium Widya Sabha UNUD yang notabene saat ini sedang dalam proses renovasi.  Tidak lupa juga ia menyampaikan banyak-banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu acara mulai dari persiapan sampai pada hari H, termasuk para pembina, dosen, sponsor, dan khususnya seluruh panitia yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi semester III dengan total 93 orang. (Suparta&Narabhumi)